Monday 2 July 2012

Sifat Sifat Unsur


A.      Sifat Sifat Periodik Unsur
1.         Jari- Jari Atom
Jari jari atom ialah jarak inti atom sampai kulit terluar.
Sifat sifat periodik unsur berdasarkan jari jari atomnya sebagai berikut :
a.      Unsur segolongan dalam table sistem periodik, semakin ke bawah, jumlah kulitnya semakin banyak, sehingga jari jari atomnya akan semakin besar.
b.       Jari jari atom unsur unsur seperiode dalam table sistem periodik, semakin kekanan semakin kecil. Hal ini dikarenakan jumlah electron semakin kekanan semakain banyak yang menyebabkan gaya tarik electron semakin kuat

2.       Energi Ionisasi
Energi Ionisasi ialah energy yang di perlukan untuk melepaskan elektron pada kulit terluar, jika gaya tarik inti dan electron terluarnya lemah dengan energy ionisasi kecil, maka elektronnya akan mudah lepas.
Sifat sifat periodik unsur berdasarkan energy ionisasi :
a.      Unsur dalam 1 golongan semakin kebawah energy ionisasinya semakin kecil, dikarenankan semakin kebawah, gaya tarik inti semakin lemah, sehingga electron mudah lepas.
b.       Energi ionisasi unsur dalam satu periode, semakin kekanan akan besar, kecuali energy ionisasi sebagai berikut :
-         Unsure yg berada pada golongan IIA lebih besar daripada golongan IIIA yang terletak d kanannya
-         Unsur unsure yang berada pada golongan VA lebih besar dari pada unsure golongan  VIA yang berada di kanannya


3.       Elektronegatif
Elektronegatif ialah kemampuan atom untuk menangkap electron dari atom lain. sifat-sifat periodic unsure berdasarkan elektronegatifnya sebagai berikut :
a.    Unsur-unsur dalam satu golongan semakin kebawah elektronegatifnya akan semakin kecil hal ini terjadi karena gaya tarik inti yang semakin lemah, sehingga sukar menarik elektron dari luar.
b.     Unsur-unsur dalam satu periode, elektronegatifnya semakin kekanan akan semakin besar. Hal ini terjadi karena gaya tarik inti yang makin kuat, sehingga mudah menarik electron dari luar.

4.      Sifat logam

Sifat logam sebagai berikut :
a)       Mengkilap
b)       Mengantarkan listrik
c)       Dapat  ditempa menjadi lempengan tipis
d)       Dapat direntangkan menjadi kawat.
e)       Cenderung menangkap electron

Sifat-sifat periodic unsure berdasarkan sifat logamnya sebagai berikut :
a.    Sifat logam pada unsure-unsur satu golongan pada tabel sistem periodik, semakin kebawaah semakin besar karena makin mudah melepaskan electron ( gaya tarik inti semakin lemah )
b.    Sebaliknya, dalam satu periode, semakin ke kanan sifat logamnya akan semakin berkurang, karena semakin sulit melepas electron.



5.    Reaktivitas
    Reaktivitas adalah sifat suatu unsure yang mudah bereaksi, mudah menangkap dan mudah melepas electron.
    Unsure logam dalam satu golongan di dalam table system periodic unsure semakin ke kanan akan semakin mudah melepas electron, semakin mudah bereaksi. Sifat ini berlawanan dengan sifat unsure non logam.

6.    Titik leleh dan titik didih
    Mendidih dan meleleh dalah suatu peristiwa lepasnya ikatan gaya tarik menarik antara inti  atom dan elektronnya.
    Unsure logam yang segolongan dalam table system periodic unsure, semakin kebawah, titik didih dan titik lelehnya semakin rendah. Hal ini disebab adanya ikatan hydrogen.
    Unsure non logam dalam satu golongan semakin ke bawah, titik didih dan titik lelehnya semakin tinggi yang dipengaruhi oleh massa atom.

7.    Daya hantar listrik
    Daya hantar listrik berhubungan erat dengan ikatan logam. Dapat diharapkan tiga unsure logam dari period eke tiga yaitu Na, Ng, dan Al, merupakan penghantar listrik yang baik. Tetapi belum dipelajari keadaan logam secara cukup mendetail untuk dapat membuat berbedaan kemampuan daya hantat listrik di antara ketiganya.
    Silicon sebagai penghantar listrik tidak sebaik tiga unsure yang sebelumnya. Unsure periode ketiga sisanya, yakni P, S dan Cl (  dan Ar ) adalah bukan logam, karena itu, tidak menghantarkan listrik. 

No comments:

Post a Comment